Kodim 1206/Psb Pembukaan Geladi Posko

1206 Psb Buka Glapos-a  Kodim 1206/Putussibau dan Korem 121/Abw mengelar Upacara Pembukaan Gladi Posko I di Halaman Markas Kodim 1206/ Psb, Rabu (22/5). Upacara dibuka oleh Kasrem 121/Abw Letkol Inf Agus Prastya Ari Wibowo, turut dihadiri Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH, Dandim 1206/Psb Letkol Inf Jayusman, Danyon 644/Wls Mayor Inf Vivin Alvianto, Ketua Komisi A DPRD Kapuas Hulu, Iman Sabirin S.Pd I, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kusfery Ace, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, dr H Harisson M Kes serta perwakilan Polres Kapuas Hulu dan Organisasi Kepemudaan Kapuas Hulu.

   Tujuan dilaksanakannya Gladi Posko I ini agar dalam penyaluran bantuan bisa lebih cepat. Terutama dari Satuan Kodim 1206/Psb agar selalu siap memberikan bantuan ketika dibutuhkan oleh masyarakat dan Pemkab Kapuas Hulu. “Ini bagian dari tugas pokok TNI-AD, sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 yaitu ada oprasi militer untuk perang dan ada oprasi selain perang, yakni bantuan kemanusian,” terang Dandim 1206/Psb Letkol Inf Jayusman.

   Selanjutnya telah dikoordinasikan dengan Bupati Kapuas Hulu untuk pembentukan tim atau organisasi dari berbagai element yakni TNI-AD, Pemkab Kapuas Hulu, Lemabaga Swadaya Masyarkat dan relawan. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan. Dari latihan-latihan tersebut akan dievaluasi apa kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki agar tim tersebut bisa sigap dengan situasi dan kondisi ketika terjadi bencana seperti banjir dan kebakaran. “Hal ini juga perlu pembahasan lebih dalam karena akan berkaitan dengan anggaran dan sebagainya. Secara teknis dari Pemkab Kapuas Hulu anggaran tersebut ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu dan akan kita dikoordinasikan. Kalau semuanya sudah baik maka akan sesuai dengan prosedurnya,” imbuh Jayusman.

   Secara geografis Kapuas Hulu ini daerah becana khususnya banjir, disamping itu turut diselingi dengan bencana kebakaran. Hal tersebut tidak dapat dikategorikan rumlah karena sewaktu-waktu bisa menyebabkan bencana sosial lainnya seperti kelaparan. “Ketika sudah mencapai level yang sulit kita harus siap dan sigap dalam menyalurkan bantuan. Dari itu upaya ini sangat penting kita hadirkan,” ungkap Jayusman.

   Sementara itu, Bupati Nasir menuturkan Pemkab Kapuas Hulu merasa sangat terbantu dengan adanya partispasi TNI-AD khususnya Korem 121/Abw, Kodim 1206/Psb dan Batalyon 644/Wls dalam upaya menanggulangi bencana di Kapuas Hulu. Sebab dalam proses penyaluran bantuan Pemkab Kapuas Hulu kerap tersandung pada mekanisme yang cukup rumit. “Kami sangat bertrimakasih ada partisipasi TNI-AD untuk penanggulangan bencana di Kapuas Hulu. Sebab kami di Pemerintahan ini perlu melalui proses yang agak rumit dalam penganggarannya. Dengan hadirnya ini semoga kedepan kita bisa lebih cepat dalam menyalurkan bantuan-bantuan,” singkat Bupati.

Authentikasi : Kasi Penum Penerangan Kodam XII/Tpr Mayor Arh MN. Komarudin