Danrem 121/Abw Pimpin Sertijab Dandim 1205 Serta Danyonif 643/Wns

salam komando-a  Pergantian Komandan Kodim dan Danyonif di jajaran Korem 121/Abw dilakukan pada Selasa (18/6). Kodim 1205/Stg yang dipimpin oleh Letkol Inf. Parlindungan Hutagalung digantikan oleh Letkol Inf. Anggit Exton Yustiawan yang sebelumnya menjabat Dan Secaba Rindam XII/Tpr. Selanjutnya pejabat lama akan bertugas ditempat baru sebagai Pabandya -3/Jiantra Spaban I Jakrenstra Srenad, sedangkan untuk Danyonif 643/Wns dilakukan serah terima antara Letkol Inf. Suparman S.Pd yang menduduki jabatan baru sebagai Kabaglat Rindam XII/Tpr kepada Mayor Inf. Herwin Rizayan yang sebelumnya menjabat sebagai Ps. Pabandya Ops Dam XII/Tpr.

   Pelaksanaan sertijab dilaksanakan bertempat di Makorem 121/ABW Sintang, yang dipimpin langsung oleh Danrem 121/Abw Kolonel Inf. Tiopan Aritonang. Hadir dalam upacara sertijab yaitu Dandim se-jajaran Korem 121/Abw, Para Kasi Korem, Dan/Kabalak Aju Kodam XII/Tpr di Wilayah Korem 121/Abw, Ketua Persit KCK Koorcab XII/Tpr beserta pengurus dan ketua cabang, juga Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 121/Abw.

   Dalam amanatnya Danrem 121/Abw menyampaikan untuk Kodim 1205/Stg merupakan Kodim dijajaran Korem 121/Abw yang mempunyai kekhususan apabila ditinjau dari wilayah tugasnya. Kodim 1205/Stg yang wilayahnya secara geografi memiliki batas langsung dengan negara tetangga, tentu memiliki kompleksitas permasalahan yang perlu mendapat perhatian khusus. Terkait dengan out standing boundary problems, Sintang masih menyimpan kerawanan, utamanya permasalahan pilar batas yang sering muncul, sekalipun masalah ini telah diselesaikan secara bilateral oleh kedua negara, namun kita harus tetap selalu waspada.

   Untuk Yonif 643/Wns, sebagai satuan tempur organik dibawah Korem 121/Abw, mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun kekuatan dan kemampuan Korem 121/Abw. Dengan demikian, peningkatan pembinaan kemampuan prajurit serta peningkatan kesiapan operasional satuan, harus dilaksanakan secara terus menerus dan menjadi orientasi tugas di satuan ini. Pembinaan kemampuan prajurit, harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga profesionalisme prajurit yang

selama ini menjadi tuntutan utama, mampu dibuktikan secara maksimal dalam berbagai penugasan.

   Untuk itu, pembinaan kemampuan dan kekuatan yang telah dilaksanakan selama ini, hendaknya lebih ditingkatkan, sehingga mampu mewujudkan kesiapan operasional satuan, yang tidak saja untuk kepentingan tugas-tugas operasi militer untuk perang, tetapi juga untuk keberhasilan tugas-tugas operasi militer selain perang, khususnya untuk operasi tugas perbantuan kepada Pemerintah Daerah dan Polri, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Konstitusi. Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diakhiri dengan salam komando antara Danrem 121/ABW dengan pejabat yang melaksanakan sertijab dan pemberian ucapan selamat dari hadirin undangan.

Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Kapten Arm Muskardi A.Md