Kodam XII/Tpr Bersama Pemprov Kalbar Bersinergi Membangun Infrastruktur di Perbatasan Kalbar-Serawak

Kodam-Sinergi PemdaKodam XII/Tpr (2/08), Bersama Pemda Provinsi Kalimantan Barat Bersinergi Membangun Infrastruktur di wilayah Perbatasan Kalbar-Serawak. Rapat Koordinasi Keterpaduan Program Pembangunan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Darat Kalimantan Barat yang Berwawasan Pertahanan Negara digelar oleh Setda Prov Kalbar Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM. Turut hadir Asrendam XII/Tpr Letkol Kav Erwin Djatmiko, Wakatopdam XII/Tpr Letkol Ctp Drs. Rostandi, M.Si dan Kasilistrat Pendam XII/Tpr Kapten Inf Drs. Umar Affandi, MH.

   Dalam pembahasan program pembangunan infrastruktur terutama: Jalan, Listrik, Air Bersih, Telekomunikasi dan fasilitas Pendidikan serta Kesehatan yang akan dilaksanakan pada TA. 2014 mendatang, mengingat problematika bagi masyarakat perbatasan terutama akses jalan pararel “Trans Nasional Borneo” sepanjang 966 km, yang sekaligus sebagai “Jalan Inspeksi Perbatasan (JIP)” oleh Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia.

   Jalan Pararel Perbatasan atau Jl. Trans Nasional Borneo atau JIP yang digagas oleh Kodam XII/Tpr (peta terlampir), memiliki nilai taktis strategis yang berdimensi konsepsional wawasan pertahanan darat dan sekaligus juga sebagai upaya membuka keterisolasian Wilayah perbatasan, oleh karena itu menjadi prioritas perhatian bagi Kodam XII/Tpr dan Pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Barat.

   Sementara itu, dalam sambutannya Kepala BNPP Provinsi Kalbar Ir. Arie Hadari, MT mengatakan bahwa untuk pembangunan Trans Nasional Borneo atau JIP diperlukan dana sebesar 400 Miliar Rupiah, namun terkendala 150 km kawasan hutan lindung Taman Nasional Bentung Karimun di perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dengan wilayah Serawak Malaysia.

Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Kapten Arm Muskardi A.M